Hasil Analisis Skripsi

Nama                   : Dwi Novia Sirait

Nim            : 120709041

Hasil Analisis !

Judul : PEMBANGUNAN SITUS WEB PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MAMBO CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) ; oleh Utomo, Sri Agung Joko (2001) .

  1. Latar Belakang

Dari latar belakang skripsi ini, dapat dilihat bahwa skripsi ini dibangun dari teori dan hasil penelitian (praktis). Di latar belakang membahas tentang Penerapan TI di Perpustakaan, yaitu dengan mengintegrasikannya dalam sistem informasi yang tergantung dari kemampuan sebuah software. Namun dilain sisi, Pustakawan kesulitan dalam membuat sebuah situs web/portal perpustakaan, yang dianggap mahal dimana harus membayar seorang programmer untuk mengerjakannya. Sehingga pustakawan tidak membuat atau memiliki situs web perpustakaannya. Jadi, Penulis ingin memperkenalkan sebuah software yaitu Mambo yang berbasis Open Source dan gratis.

  1. Rumusan Masalah

Latar belakang dari skripsi ini berhubungan dengan Rumusan Masalah yang ada pada skripsi ini, dimana titik fokusnya terdapat pada Kesulitan Pustakawan dalam membuat sebuah situs web/portal perpustakaan. Sehingga Penulisnya memberikan sebuah solusi dalam pembangunan situs web perpustakaan menggunakan software Mambo Content Management System (CMS)

  1. Tujuan Masalah

Tujuan dari penelitian ini berusaha ingin menjawab masalah yang muncul di Rumusan masalah, yaitu membantah anggapan Pustakawan akan sulitnya pembangunan situs web perpustakaan.

  1. Manfaat

Manfaat pada skripsi ini mengandung pengembangan teoritis dan praktis nya. Karena berhubungan Rumusan Masalah, sehingga pada Manfaat penelitian ini memberikan solusi tentang pemilihan Software yang tepat untuk digunakan. Selain itu, memberikan gambaran tentang pembangunan suatu situs perpustakaan.

  1. Ruang Lingkup

Ruang lingkup dari penelitian ini berhubungan dengan point-point yang dibahas sebelumnya, tentang Software yaitu Aplikasi Mambo sebagai aplikasi dalam pembangunan sebuah web perpustakaan yang dinamis, interaktif dan berbasis database.

Tinggalkan komentar